Selasa, 08 Maret 2016

Daftar Pemain Mahal Chelsea

GREAT TEAMS


 Sudah sepuluh tahun sejak Roman Abramovich mengakuisisi Chelsea dari kekuasaan Ken Bates. The Roman Emperor, demikian kadang Abramovich dijuluki, merevolusi wajah Chelsea sehingga bisa menjadi salah satu tim terkuat di Eropa.
Fans Chelsea mungkin agak sedikit kesal dengan tabiat Abramovich yang cenderung kurang sabar dalam menghadapi pelatih. Ia tak segan memecat seorang pelatih jika berselisih paham atau dinilainya tidak membuat Chelsea menjadi lebih baik.
Pun demikian, tak bisa dibantah bahwa Abramovich telah berhasil merevolusi Chelsea dengan kekuatan uangnya. Tak sedikit biaya yang digelontorkan konglomerat Rusia itu demi membuat Chelsea semakin tangguh.
Banyak sudah nama besar yang datang ke Stamford Bridge dengan biaya yang tak sedikit. Berikut kami sajikan penilaian terhadap 10 pemain termahal yang dibeli Chelsea pada era Abramovich.
10. Oscar

Hasil gambar untuk oscar chelsea
Harga: 19,35 juta pound
Klub asal: Internacional
Oscar baru semusim membela Chelsea; ia didatangkan pada musim panas 2012 dari Internacional. Musim pertamanya cukup berwarna karena ia tidak langsung menjadi starter seperti yang diperkirakan banyak pihak.
Namun ternyata Oscar cukup cepat beradaptasi di Inggris dan mengalami kemajuan cepat. Peningkatan kemampuan Oscar diganjar dengan waktu bermain yang lebih banyak.
Oscar merupakan salah satu dari tiga penyerang bayangan Chelsea (ada Juan Mata dan Eden Hazard). Tiga serangkai ini begitu vital dalam perjalan Chelsea musim lalu dan sukses ditempatkan di belakang penyerang tunggal; Fernando Torres atau Demba Ba.
Kesimpulan: Oscar adalah pembelian yang sukses.
9. Ricardo Carvalho
Hasil gambar untuk ricardo carvalho chelsea
Harga: 19,85 juta pound
Klub asal: Porto
Ricardo Carvalho merupakan pemain 'bawaan' Jose Mourinho ketika pertama kali datang ke Chelsea pada 2004. Sebelumnya Carvalho sudah memiliki nama besar berkat penampilan cemerlangnya ketika mengantarkan Porto meraih gelar juara Liga Champions.
Carvalho menjadi bagian penting Chelsea selama lima tahun pertamanya di Stamford Bridge. Ia bahkan mendapatkan gelar pemain terbaik Chelsea pada 2008.
Setelah sukses, Carvalho berniat meninggalkan Chelsea untuk bergabung dengan Mourinho di Internazionale. Niat ini tak terlaksana tetapi akhirnya Carvalho bergabung dengan Mou pada 2010 di Real Madrid.
Kesimpulan: Carvalho adalah pembelian yang sukses.
8. David Luiz
Hasil gambar untuk david luiz chelsea
Harga: 21 juta pound
Klub asal: Benfica
David Luiz mendapat reputasi sebagai badut karena tingkah lakunya yang kadang konyol. Meski kualitasnya sudah terdengar di Eropa, namun banyak yang mengkhawatirkan profesionalisme Luiz di Inggris ketika Chelsea membelinya.
Luiz tidak serta merta meraih apresiasi di Chelsea. Ia kerap dinilai bermain tidak konsisten pada awal kariernya di London. Namun sedikit demi sedikit Luiz mulai menunjukkan kualitasnya yang sebenarnya.
Selain tangguh sebagai bek, Luiz juga bisa berperan sebagai gelandang bertahan. Ia cukup nyaman menguasai bola, berbeda dengan tipikal bek Inggris yang cenderung suka sapu bersih bola. Kini Luiz bahkan kerap disebut bakal menjadi pengganti John Terry sebagai kapten masa depan Chelsea.
Kesimpulan: David Luiz adalah pembelian yang sukses.
7. Shaun Wright-Phillips
Hasil gambar untuk shaun wright chelsea
Harga: 21 juta euro
Klub asal: Manchester City
Shaun Wright-Phillips sempat mengatakan dirinya tidak akan pernah meninggalkan Manchester City, klub yang membesarkan namanya. Winger lincah itu melanggar janjinya dengan bergabung ke Chelsea pada 2005.
Bulan-bulan pertama dilalui Wright-Phillips dengan kesulitan menembus tim inti Chelsea. Butuh setahun sebelum Wright-Phillips bisa menceploskan gol pertamanya bagi The Blues.
Sebenarnya Wright-Phillips sudah mulai bisa mengejar ketertinggalan dan memperbesar perannya di Chelsea. Namun musuh terbesar Wright-Phillips saat itu adalah pelatih baru Luiz Felipe Scolari yang menganggapnya tidak cocok di Chelsea. Scolari mempersilahkan Wright-Phillips untuk pergi.
Kesimpulan: Wright-Phillips adalah pembelian yang gagal.
6. Juan Mata
Hasil gambar untuk juan mata chelsea
Harga: 23 juta pound
Klub asal: Valencia
Juan Mata mengakui bahwa ia datang ke Chelsea salah satunya adalah karena rayuan Fernando Torres. Mata yakin dirinya bisa bekerjasama dengan baik bersama Torres.
Mata meraih kesuksesan instan di Chelsea. Ia menjadi figur yang tak tergantikan selama dua musim terakhir. Ia punya peran besar dalam keberhasilan Chelsea meraih trofi Liga Champions pada musim 2011-2012.
Banyak fans Chelsea yang bersyukur ketika mata mengatakan dirinya ingin bertahan di Stamford Bridge musim depan. Mata memang sempat dikabarkan tidak masuk rencana Jose Mourinho.
Kesimpulan: Mata adalah pembelian yang sukses.
5. Didier Drogba
Hasil gambar untuk drogba chelsea
Harga: 24 juta pound
Klub asal: Marseille
Chelsea sempat mendapat kritikan ketika membeli Didier Drogba dengan harga yang sangat tinggi. Meski demikian, Chelsea akhirnya menjadi pihak yang paling bahagia karena transfer itu.
Drogba mungkin adalah pembelian terbaik Chelsea di era Abramovich. Ia mengemas 157 gol selama delapan tahun berkarier di Stamford Bridge. Namun yang paling menakutkan dari Drogba adalah kebiasaannya bersinar dalam pertandingan-pertandingan besar.
Drogba sudah mengemas sembilan gol dalam sembilan laga final bersama Chelsea. Ia adalah pahlawan karena mencetak gol penyeimbang dan menjadi eksekutor penalti yang sukses di final Liga Champions melawan Bayern Munich.
Kesimpulan: Drogba adalah pembelian yang sukses besar.
4. Michael Essien
Hasil gambar untuk michael essien chelsea
Harga: 24,4 juta pound
Klub asal: Lyon
Michael Essien datang ke Stamford Bridge pada 2005 dan langsung menjadi bagian penting Chelsea. Ia adalah salah satu tulang punggung permainan The Blues asuhan Jose Mourinho.
Sebagai gelandang pengangkut air, Essien juga cukup fleksibel. Ia bisa ditempatkan sebagi bek kanan dan juga bek tengah jika dibutuhkan. Selain itu, ia juga punya tendangan jarak jauh yang mematikan.
Sayang, cedera parah membuat Essien kesulitan menemukan kembali performa terbaiknya. Setelah kembali dari masa peminjaman di Real Madrid, Essien akan bersatu lagi dengan sang 'Daddy' Mourinho. Kemungkinan besar Essien masih masuk dalam rencana Mou jika melakukan kebijakan rotasi.
Penilaian: Essien adalah pembelian yang sukses.
3. Andriy Shevchenko
Hasil gambar untuk shev chelsea
Harga: 30,8 juta pound
Klub Asal: AC Milan
Andriy Shevchenko merupakan korban dari perbedaan pendapat antara Roman Abramovich dengan Jose Mourinho. Abramovich membeli Sheva tanpa restu dari Mourinho.
Hasilnya bisa dilihat dalam perjuangan Sheva untuk bisa menyatu dalam skema Mourinho; ia gagal. Sheva benar-benar tak berkembang di Chelsea.
Meski tak bersinar, Sheva tetap disukai para penggemar Chelsea karena tak pernah berhenti mencoba. Ia berlatih keras agar bisa kembali tajam; salah satunya dengan menyewa pelatih lari khusus.
Kesimpulan: Sheva adalah pembelian yang gagal.
2. Eden Hazard
Hasil gambar untuk hazard chelsea
Harga: 35,2 juta pound
Klub Asal: Lille
Eden Hazard sempat membuat banyak klub berharap bisa mendapatkannya. Ia tahu tengah diincar banyak klub pada musim panas lalu dan sering menggoda klub-klub Inggris. Suatu kali Hazard pernah mengatakan bahwa ia akan pindah ke Manchester.
Akhirnya Hazard memilih Chelsea dengan alasan The Blues adalah jawara Liga Champions. Lewat Twitter, Hazard mengumumkan pilihannya itu.
Secara umum, Hazard adalah pemain yang bisa menjadi andalan Chelsea untuk meneror pertahanan lawan lewat sayap. Ia lincah, cepat dan tak egois. Sayangnya, nama Hazard sempat tercemar ketika menendang ballboy Swansea City yang sengaja mengulur-ulur waktu di ajang Capital One Cup.
Penilaian: Hazard adalah pembelian yang sukses.
1. Fernando Torres
Hasil gambar untuk torres chelsea
Harga: 50 juta pound
Klub asal: Liverpool
Chelsea memecahkan rekor transfer Inggris dengan mendatangkan Fernando Torres dari Anfield. Uang sebesar 50 juta pound dibayarkan Chelsea pada Januari 2011.
Harga mahal itu sepertinya membebani Torres. Tekanan dan ekspektasi besar yang disandangnya membuat Torres kesulitan bersinar di Stamford Bridge; ia hanya mencetak 15 gol pada 30 bulan pertama di Chelsea.
Anehnya, Torres adalah pemain yang sangat akrab dengan trofi juara. Ia seperti tak pernah berhenti mendapatkan trofi, baik bersama klub maupun negaranya. Belakangan ini Torres menunjukkan peningkatan performa, tetapi mungkin hal itu tak akan cukup bagi Mourinho.

0 komentar:

Posting Komentar